SMK Siap Hadapi Uji Kompetensi

SMK Siap Hadapi Uji Kompetensi

SMK Negeri 1 Cariu Siap Uji Kompetensi

SMK siap hadapi uji kompetensi 4 bidang keahlian di SMKN 1 Cariu yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pengelasan, Teknik Audio Video dan Multimedia. Masing – masing jurusan mempersiapkan bekal untuk siswa dan Siswi kelas XII dalam menghadapi uji kompetensi. Untuk menghadapinya siswa dan siswi wajib mengikuti pengayaan yang dilaksanakan setelah pulang sekolah. kegiatan pengayaan ini membantu agar siswa dan siswi bisa lebih dalam hal pembelajarannya disekolah, karena uji kompetensi sangat menentukan kelulusan dalam pembelajaran di sekolah.

SMK Siap Hadapi Uji Kompetensi

Ujian kompetensi keahlian bagi peserta didik SMK meliputi mata pelajaran Kompetensi Keahlian yang beragam, hingga saat ini mempunyai spektrum keahlian sebanyak 121 kompetensi keahlian. Maka Dari itu perlu dirumuskan suatu pola pendidikan yang dapat melayani kebutuhan keberagaman SMK. Ujian mata pelajaran kompetensi keahlian dirancang untuk dapat mengukur tingkat pengetahuan, perilaku dan keterampilan siswa terhadap kompetensi sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Untuk itu soal-soal ujian kompetensi keahlian dikembangkan dalam bentuk ujian Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan yang dilaksanakan secara individual.

Demikian halnya kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi, sehingga sistem penilaian hasil belajar menggunakan model penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). Pelaksanaan penilaian kemajuan dan hasil belajar berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji (aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap), baik secara langsung pada saat melakukan aktivitas belajar maupun secara tidak langsung. Penilaian dapat dilakukan melalui bukti hasil belajar (evidence of learning) sesuai dengan kriteria kinerja (performance criteria) yang diorganisasikan dalam bentuk Uji Kompetensi Keahlian/Ujian Produktif dan Adaptif di SMK. Sejalan dengan penerapan model penilaian tersebut, perlu dikembangkan kendali  dan penjaminan mutu (quality control dan quality assurance) yang melibatkan pihak-pihak terkait (stakeholders).

SMKN 1 Cariu Siap Hadapi Uji Kompetensi

SMK Siap Hadapi Uji Kompetensi seperti halnya siswa siswa SMKN 1 Cariu, salah satu SMK Kabupaten Bogor yang telah siap dan akan berusaha memperoleh nila terbaik. Uji kompentensi di SMK Negeri 1 Cariu diharapkan berjalan dengan lancar dengan raihan hasil nilai yang maksimal. dan kemudian seluruhnya dinyatakan LULUS dalam Uji Kompetensi 2015. Amin!