Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu penting bila digunakan sebagai perangkat tambahan dari kelengkapan praktek pengelasan di SMK. Meja las ini bisa juga dissbut sebagai alat kelengkapan keselamatan kerja dari bidang keahlian teknik pengelasan dari beberapa SMK di Indonesia. Penggunaan Alat ini dapat mengurangi kadar pencemaran atau mungkin gas beracun yang bisa terhisap oleh siswa yang sedang praktek dan siswa lain yang berada ddekat di lingkungan kerja pengelasan.

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu

Cara Kerja Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu mendapat perhatian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P dan Direktur PSMK, Bapak Drs. M.Mustaghfirin Amin, MBA

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu

Alat ini sederhana dan dapat dibuat oleh siswa SMK manapun, dengan material yang dapat ditemui diberbagai wilayah di Indonesia. Alat ini terdiri dari beberapa bagian penting, diantaranya adalah:

  • Meja Pengelasan
  • Saluran Penghisap dan Pipa Penghubung
  • Fan Penghisap
  • Tangki Air
  • Pompa Air
  • Material Penyaring

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu ini membutuhkan biaya fabrikasi berkisar 7,5 juta rupiah, tergantung jenis fan dan berapa besar kapasitas yang diinginkan. Untuk kebutuhan biaya seperti pada gambar adalah 10 juta, karena menggunakan 2 buah Blower fan penghisap dan pompa bermerek untuk menekan air. Selain itu, perangkat filterisasi yang pernah dibuat oleh siswa SMK Negeri 1 Cariu dilengkapi dengan lampu, agar dapat digunakan pada malam hari.

Perangkat meja las tersebut dibuat dari material besi dengan sistem sambungan las dan pengelingan. Meja dibuat berlapis, agar bagian bawah dapat dibersihkan dan dinding meja dilapisi oleh marmer. Kaki dari perangkat diberi roa, agar mudah dipindahkan, lalu kemudian pada bagian saluran hisap dapat dibuat bercabang atau paralel dengan. Tujuannya adalah untuk menghisap asap atau gas pengelasan dari ruang lain, dan bisa dipasang sesuai dengan kebutuhan serta disesuaikan dengan kekuatan hisap fan blower penghisap.

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu

Saat pekerjaan pengelasan dilakukan diatas meja, meskipun ruangan kerja sempit dan beratap rendah, asap las tidak akan menyebar kemana-mana dan tidak mencemari serta mengganggu linkungan sekitar. Asap akan dihisap oleh blower fan masuk melalui bagian penghisap diatas meja. Dari raung hisap pertama, gas atau asap las akan dimasukan ke dalam dua buah tangki, dimana pada tangki pertama diberi air bertekanan, begitupun pada tabung kedua.

Dari tabung kedua, asap juga mendapatkan kondisi yang sama seperti ketika masuk ke tabung pertama, yaitu diberi air bertekanan tinggi. Tujuannya adalah untuk menetralkan dan mendinginkan serta mengurangi kepekatan gas buang pengelasan. Dari tabung kedua , akibat hisapan blower fan terakhir, maka gas buang akan menuju material filter (mengandung silikat) pada bagian bawah kedua tabung.

Asap atau gas buang pengelasan setalah mendapatkan semprotan air bertekanan tinggi dan melalui material filter mengandung silikat akan dibuang keluar oleh blower fan terakhir. Gas buang yang telah keluar dari perangkat filterisasi seperti pernah dicoba, aroma gas buang pengelasan tidak tercium dan tidak menyegat lagi. Artinya gas buang dari hasil pengelasan telah bersih dan tidak mengandung kadar logam. Seperti ketika pertama kali asap terpencar disaat pekerjaan pengelasan dilakukan.

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu, Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Siswa

Meja Las Ramah Lingkungan SMKN 1 Cariu sangat bermanfaat dan berguna, terutama bagi mereka yang melakukan pekerjaan pengelasan di dalam ruang sempit dan tertutup. Pada akhirnya pekerjaan atau project tidak akan terganggu. Sebuah karya sederhana dan bukti SMK Bisa dari SMKN 1 Cariu berupa perangkat Filterisasi Gas Buang benar-benar sangat berguna.

Alat ini pun bisa dikembangkan pada penggunaan yang lebih luas, seperti area parkir gedung bertingkat. Sangat baik digunakan dibawah atau diatas, tproject terowongan dan lain sebagainya. Pada akhirnya sekitar bulan Maret 2017 inovasi SMKN 1 Cariu ini telah didaftarkanpatentnya dengan nama “Meja Las Ramah Lingkungan“.  Kebetulan juga, Pernah dilihat oleh Menteri pendidikan dan Kebudayaan. Bapak Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Beliau didampingi oleh Direktur PSMK, Bapak Drs. M.Mustaghfirin Amin, MBA beserta jajaranya sedang melihat inovasi tersebut.  Terima kasih, semoga bermanfaat.