Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi

Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi DoremiIkut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi, bagi seluruh siswa SMK Negeri 1 Cariu yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer pada tahun 2018. Perlu diakui, bilamana ujian menggunakan kertas jauh lebih mudah tata caranya dari ujian berbasis komputer. Ilustrasi gampangnya adalah, ketika mengerjakan soal ujian diatas kertas kita bisa melihat beberapa soal dan jawabannya. Untuk ujian berbasis komputer sangat beda, bahkan yang pintar pun tidak berdaya bila tidak berlatih dalam mengoperasikan ujian berbasis komputer. Posting kali ini mengimbau pada seluruh siswa SMKN 1 Cariu untuk Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi. Kenapa doremi? Tanya lah pada guru-guru mata pelajaran seperti matematika, apakah ada yang lebih dari mi (3) atau hebat bila lebih dari angka 5. Maka dari itu, faktor kemampuan dan kebiasaan dalam mengerjakan soal ujian berbasis komputer sangat diperlukan.

Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi atau Gagal!!

Nilai ujian nasional memang tidak menentukan kelulusan, tetapi nilai ujian nasional merupakan kebanggaan siswa yang mengikuti ujian nasional. Entah Ujian Nasional berbasis kertas atau ujian Nasional berbasis komputer. Paling tidak ada hal yang dilatih dalam mengerjakan soal ujian berbasis komputer, yaitu:

  1. Strategi dalam mengerjakan soal
  2. Emosi dalam mengerjakan soal
  3. Kelengkapan yang harus ada ketika mengerjakan soal UNBK

Tiga hal diatas cukup untuk menghasilkan nilai ujian nasional berbasis komputer lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, apabila latihan ini gratis 100%. Istilah kata, lebih baik terlambat, daripada nunggu bulan jatuh baru ada latihan mandiri UNBK seperti ini. Kecuali siswa SMKN 1 Cariu tetap teguh dengan nilai doremi, mau bilang apa?

1. Strategi Dalam mengerjakan Soal UNBK

Apakah perlu strategi dalam mengerjakan soal UNBK? Tentu perlu, karena media soal dan jawaban sangat berbeda dengan ujian berbasis kertas. Bayangkan, ketika dulu mengerjakan soal UN berbasis kertas, soal nomar 12 masih bisa dilihat ketika mengerjakan sosal nomar 20. Lalu bandingkan dengan pola mengerjakan UNBK, dimana pada layar monitor hanya muncul 1 nomer saja. Lain dari itu sifat soal UNBK sangat luar biasa, yaitu: random atau acak pada soal dan jawaban, tidak akan mungkin bisa nyontek, waktu yang berjalan pada setiap soal dan hal lain adalah tampilan soal yang muncul hanya sebiji-sebiji…ha ha ha. lalu strategi yang diperlukan apa? Oke, baik, strategi UNBK tidak jauh beda dengan strategi perang, hanya saja beda pada medianya, yaitu:

  • Jangan percaya pada sebelah kiri atau kanan, bilamana diberitahu isi atau jawaban soal
  • Jangan percaya sms jawaban atau dalam bentuk apapun, karena soal dan jawaban bersifat random
  • Jangan buang waktu ketika membaca soal dan jangan gugup
  • Kerjakan yang bisa terlebih dahulu dan catat yang belum atau ragu (akan dijelaskan pada bagian kelengkapan)
  • Segera beritahu admin, bilamana tiba-tiba keluar saat mengerjakan soal ujian

2. Emosi dalam mengerjakan soal

UNBK sangat berpotensi memancing emosi siswa, terutama siswa yang tidak mengerti. Dengan tombol yang mudah diklik membuat sebagian siswa berpegang pada keberuntungan alias berjudi jawaban. Tentu hasil akhirnya tidak akan maksimal, dan bahkan jeblok. Tanpa melihat soal pun, UNBK bisa dikerjakan dan waktu pengerjaan pun relatif cepat. Berbeda dengan siswa yang ingin NEM memuaskan, pasti akan membaca dan memperhatikan soal dan jawaban yang sedang dikerjakan. Akan tetapi, tetap pancing untuk melakukan KLIK asal-asalannya akan menggoda. Pada akhirnya, siswa yang tadinya serius akan terpancing oleh bentuk jawaban dan siswa yang sudah selesai dalam waktu cepat meskipun asal-asalan. Percaya atau tidak, soal UNBK tidak jauh berbeda dengan UN berbasis kertas, yaitu waktu per soal telah diperhitungkan. jadi sungguh aneh, bilamana waktu yang disediakan 2 jam, maka ada siswa yang telah mengerjakannya dalam waktu 30 menit saja. Dijamin, siswa tersebut asal-asalan! Sekarang tinggal pilih, mau hasil NEM yang memuaskan atau nilai asal-asalan?

2. Kelengkapan yang harus ada ketika mengerjakan soal UNBK

Pada penjelasan tentang strategi telah disebutkan mengenai strategi dan tata cara mengerjakan soal dan jawaban UNBK terkait dengan kelengkapan. Maksudnya begini, pada saat mengerjakan soal UNBK jangan sekali-kali beranggapan atau mengandalkan ingatan atau bahkan sombong. Perlengkapan yang harus selalu dibawa adalah kertas kosong dan pena (pensil atau pulpen boleh). Apa gunanya pena dan kertas, bukankah tinggal klik jawaban saja? Betula, soal dan jawaban UNBK tidak perlu kertas. Kertas dan pena diperlukan ketika ada soal yang ragu atau belum dikerjakan. Tujuannya adalah agar bisa kembali dengan mudah dan bisa memperbaiki jawaban yang ragu tadi. Bila tidak ditandai, maka kemungkinan jawaban yang benar akan jadi salah dan yang salah tetap teguh. Untuk itulah fungsi kertas dan pena, jangan sampai tidak!! Kecuali tidak menginginkan nilai NEM UNBK yang memuasakan.

Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi

Bila ingin melihat kesiapan dan kemampuan, silahkan coba Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi. Coba lihat hasilnya, bila jelek adalah biasa karena belajar atau berlatih. Bila nilainya baik, maka pertahankan dan teruskan berlatih agar lebih piawai dalam melakukan UNBK nantinya. Barangkali hanya posting “Ikut Latihan CBT Supaya Nilai NEM Jauhi Doremi” bermanfaat bagi seluruh siswa SMK Negeri 1 Cariu yang akan melaksakan UNBK dalam waktu dekat.. Ayo jangan sia-siakan kesempatan berlatih gratis ini!! Selamat berlatih, Salam SMK Bisa!!

error: Content is protected !!