Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa

Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa

SMK Bisa

Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa perlu dipahami, di mengerti dan diyakini oleh lulusan 2015 SMK Negeri 1 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pastinya rasa senang, gemabira dan bahagia masih terasa hangat, karena baru beberapa hari lalu kelulusan SMK Negeri 1 Cariu diumumkan. Kegembiraan dan kebahagiaan setelah melalui jembatan SMK menuju pintu gerbang dunia nyata sesungguhnya. Dunia industri, dunia pendidikan di universitas atau institut dan sekolah tinggi, dunia usaha dan barangkali kegelapan juga telah menanti dibalik pintu.

Seluruh Indonesia tahu tulisan dan slogan SMK bisa, tapi apakah makna yang ada dibalik kata SMK Bisa itu dipahami, diyakini dan dipercaya kebenarannya? Begini, pada dasarnya SMK Bisa itu benar dan sangat masuk akal. Namun segelintir orang dan juga lulusan SMK yang bersangkutan masih banyak yang tidak memahami apa itu SMK Bisa. Ketidaktahuan dan ketidakpahaman bisa dilihat dari tingkat pengangguran yang begitu tinggi. Kenapa mereka para lulusan SMK ternyata tidaksesuai dengan slogan SMK Bisa? Siapa yang salah dan bagaimana agar para lulusan SMK itu benar-benar sesuai dan sejalan dengan sebutan sebagai SMK bisa.

Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa itu Mudah!

Permasalahan tingginya angka pengangguran di Indonesia secara umum bukan merupakan permasalahan tunggal bangsa ini, karena sebagian besar negara-negara lain di dunia juga mengalami hal yang sama dengan Indonesia. Satu contoh adalah pengangguran akibat regulasi, baik itu lokal maupun global, seperti halnya pada regulasi smelter pada bidang pertambangan. Pastinya hanya untuk perusahaan bertambangan besar yang memenuhi syarat, kemudian dampaknya tentu pada kebangkrutan dan pengurangan tenaga kerja perusahaan-perusahaan pertambangan menengah dan kecil. Banyak lagi industri-industri yang kemungkinan akan mengalami dampak tidak jauh berbeda dengan dalih lingkungan hidup atau lain sebagainya. Ini bukan di Indonesia saja, tapi regulasi yang bersifat global.

Persaingan bisnis, gejolak perekonomian atau pendek kata adalah krisis ekonomi yang disebabkan oleh berbagai hal sangat menentukan maju mundurnya dunia Industri, termasuk regulasi pemerintah pusat atau daerah pada berbagai bidang yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Banyak industri tutup dan mati yang berdampak pada surplus pengangguran pada tiap tahunnya. Untuk itu, Anda semua harus mampu buktikan diri sebagai lulusan SMK Bisa! Lulusan SMK Jangan terpaku dan terlalu yakin setelah lulus akan terserap 100% oleh dunia Industri. Bila itu terjadi maka angka pengangguran akan semakin meningkat. Lulusan SMK itu harus kuat, berani dan tidak cengeng, apalagi kemudian jadi frustasi ketika tidak terserap oleh dunia Industri.

Percayalah, bahwa slogan SMK bisa itu masuk akal dan memang benar adanya. Coba perhatikan dan pikirkan apa yang didapat ketika belajar di SMK? Selain dibekali oleh pelajaran teori juga ditempa untuk menjadi terampil sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih. Artinya hal lucu dan sebuah kekeliruan, bilamana lulus dan tidak terserap dunia Industri lalu menjadi pengangguran dengan keahlian mengukur panjang jalan melupakan ketrampilan yang pernah didapatkan sewaktu belajar di SMK. Bila lulusan SMK Negeri atau swasta menjadi pengangguran, berarti ada yang salah dan harus segera disadari agar tidak terlalu dalam terjerembab di dalam jurang kenikmatan jadi pengangguran.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan oleh lulusan SMK, dimana ketiganya memberi bukti SMK itu Bisa! Pertama adalah bekerja di Industri, kedua melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan ketiga yang paling banyak dilupakan dan tidak disadari adalah bekerja sendiri alias mandiri. Hal pertama bukan kesalahan siapapun bilamana lulusan SMK sepintar apapun tidak terserap oleh dunia industri, karena itu semua ditentukan oleh keterbatasan daya tampung penerimaan tenaga kerja baru pada setiap tahunnya. Bukan salah individu lulusan SMK dan kemudian menganggap dirinya bodoh. Tidak, anda tidak bodoh bilamana telah berhasil lulus dari SMK. Untuk yang kedua, yaitu meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi juga demikian dan pastinya bukan misi awal masuk SMK. Boleh dikatakan hanya dilakukan oleh sekelompok kecil dari siswa SMK. Untuk hal ketiga, dimana sebenarnya siswa SMK itu tidak perlu cemas bila tidak tertampung oleh dunia industri atau dunia kerja yang terbatas, karena mereka memiliki ketrampilan yang bisa dipergunakan untuk bekerja sendiri. Untuk menjadi lulusan SMK Bisa itu Mudah! Selain terjun ke dunia Industri atau ke perguruan tinggi, adalah menjadi pribadi mandiri memanfaatkan ketrampilan dan mental berani untuk kerja mandiri!

Apakah Dengan Kerja Mandiri Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa?

Bilamana ada siswa SMK yang baru lulus kemudian memilih untuk mandiri, barangkali inilah yang sosok yang diharapkan dan dicari. Lulusan SMK yang bekerja di Industri atau meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi itu biasa, tapi bila lulusan SMK ketika lulus berani untuk kerja mandiri itu baru luar biasa. Tentu saja untuk menjadi seorang enterpreneur itu perlu persiapan, baik oleh pihak sekolah atau pun keluarga, karena pada profesi tersebut hal terpenting adalah mental. Bila ketika belajar dibiasakan dengan hal-hal monoton dan itu-itu saja baik di sekolah atau dirumah, maka bisa ditebak ketika mereka lulus nanti. Berbeda dengan siswa yang ditanamkan kemandirian dan kepercayaan diri yang kuat baik di sekolah dan lingkungan keluarga. Dengan ketrampilan yang telah diperolehnya plus mental mandiri dan berani, maka akan lebih membanggakan dan benar-benar menyempurnakan bukti SMK Bisa. Tidak usah malu, misalnya seorang lulusan SMK Teknik Kendaraan Ringan hanya menjadi tukang tambal ban atau lulusan SMK multimedia hanya menjadi tukang cetak undangan. Semua itu jauh lebih dihargai, karena mereka yang mandiri sebenarnya adalah seorang pengusaha yang nantinya dengan ketekunan dan kerja keras akan menjadi besar, seperti keberhasilan Bob Sadino, Sudono Salim dan beberapa pengusaha yang berawal dari hal-hal kecil dan sederhana.

Buktikan Diri Sebagai Lulusan SMK Bisa bukan bualan d an slogan kosong. Slogan SMK bisa itu masuk akal, meskipun ada berbagai pendapat miring melihat kenyataan lulusan SMK bayak yang menjadi pengangguran. Itu semua barangkali ketidakpahaman individu lulusan SMK dan juga tidak ditanamkan arti dan makna sesungguhnya dari SMK Bisa. Mudah-mudah artikel ini berguna buat lulusan SMK yang baru lulus, terutama adalah lulusan SMK Negeri 1 Cariu.