SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN

SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTNSMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN adalah sesuatu yang harus dipikirkan oleh seluruh pihak, terutama bagi pihak terkait dalam dunia pendidikan SMK. Sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, bilamana SMK memiliki keterbatasan ketika lulus dan kemudian ikut test seleksi sejenis SBMPTN. Bukan lawan ringan di arena SBMPTN, jika berhadapan dengan lulusan SMA plus bimibingan belajar.  SBMPTN bukan seleksi mudah, apalagi dianggap tebak-tebak karena cuma memilih 5 huruf mulai dari pilihan a hingga e. SBMPTN arena uji masuk perguruan tinggi menakutkan. Kenapa SMK perlu strategi, bukankah SMK target setelahlulus adalah industri? Betul 100%, tapi itu dulu disaat industri masih 100% menerima lulusan SMK, bagaimana setelah MEA terbuka lebar?

SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN itu Harus!

SBMPTN adalah singkatan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, berarti diikuti oleh seluruh lulusan setingkat SLTA, termasuk SMK. Saat ini, kesempatan SMK untuk melanjutkan ke perguruan tinggi terbuka lebar. Banyak lulusan SMK diterima di perguruan tinggi negeri, tetapi pada umumnya melalui jalur undangan. Bagaimana dengan jalur ujian, seperti SBMPTN? Apakah SMK mampu bersaing dengan lulusan SMA, yang mana materi uji telah diajarkan dan ditambah dengan bimbingan belajar intensif bagi mereka yang mampu?

Jujur, jika melihat persiapan tentunya jauh dari siap, apalagi mampu untuk bersaing dengan lawan SMA seangkatan. Ditambah lulusan serta pengalaman lulusan SMA sebelumnya akibat tidak lolos pada awalnya. Parahnya mereka yang telah berada di PTN terkadang merasa tidak cocok, lalu pindah dengan ikut SBMPTN lagi. Wow, semakin banyak dan berat bagi calon mahasiswa lulusan SMK pada persaingan SBMPTN. Dilematis memang, saat ini mau tidak mau lulusan SMK harus ikut bersaing pada SBMPTN di era industri semakin surut dan terbukanya MEA.

Kenapa SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN?

Siapa yang tidak tahu, bila di SMK itu pelajaran yang menjadi materi inti seleksi masuk perguruan tinggi negeri seperti SBMPTN tidak cukup kuat. Contoh adalah matematika, fisika dan kimia hanya beberapa semester, apalagi ada soal biologi. Dijamin bingung dan soalnya tidak penting lagi, kecuali tebak manggis dari a sampai e. Bukan meremehkan, tapi ini adalah sebuah kenyataan yang harus dipikirkan bersama. Persoalan utamannya adalah bagaimana cara lolos seleksi pada persaingan super ketat tidak imbang dengan lulusan SMA plus bimbel.

Tidak ada kata tidak mungkin dan tidak ada pula kata tidak bisa. Semua bisa, seperti halnya SMK bisa lolos pada seleksi seperti SBMPTN, asalkan mempersiapkan strategi jitu. Andai materi pelajaran memang tidak cukup dan masih seperti yang lalu, seperti matematika, fisika dan materi lainnya hanya satu dua semester saja, masih ada cara untuk bisa lolos SBMPTN.  Siswa SMK perlu mempersiapkan diri sejak dini, karena sebenarnya banyak kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bahkan hingga ke luar negeri.

Tentu bukan sekedar persiapan, tetapi tepatnya strategi untuk bisa lolos ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Bagi siswa SMK yang memang bercita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi, strategi yang harus dipersiapkan adalah kesehatan dan rajin serta bersungguh-sungguh. Tidak ada istilah benci pelajaran matematik, benci pelajaran fisika dan sejenisnya yang dianggap sebagai penyebab pecah kepala. Kalau perlu mulai dari kelas X ikut bimbel, agar mendapatkan materi yang sama dengan siswa SMA. Berat memang, tapi itulah strategi yang harus dipersiapkan, bilamana ingin melanjutkan kuliah. Bahkan sebaiknya mengejar prestasi “tanpa nyontek” mulai dari kelas X hingga lulus untuk dapat kesempatan “SNMPTN”. Jangan salah, SBMPTN pun menjadi momok menakutkan bagi siswa SMA yang telah dibekali bimbel plus segala macam les lain.

SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN, itu Harus!

SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN, itu harus! Untuk hal baik tidak ada yang mudah, apalagi sekelas SBMPTN, pastinya perlu kerja keras, serius dan tidak mengenal kata menyerah. Siswa SMKN 1 Cariu pasti bisa, jikalau dipersiapkan sejak awal, yaitu ketika mulai belajar di SMK. Tidak ada usaha yang tidak ada hasil, karena dalam ilmu fisik aksi sama dengan reaksi. Mau bukti? Silahkan coba dari awal untuk mencari tahu atau ikut bergabung dengan teman yang sekolah di SMA, bila jauh dari lokasi bimbel. Insya Allah sukses, dan sukses bukan seperti minum air atau makan sebutir cabai, hilang haus atau terasa pedas ketika menggigitnya. Admin ucapkan selamat bagi yang lolos SBMPTN 2016, dan yang belum beruntung tetap semangat dan cari pintu lain untuk tetap bisa melanjutkan penidikan selanjutnya. Salam sukses buat semua, Selamat hari raya Idul Ftri 1437, minal aidin wal faizin – mohon maaf lahir dan bathin.

SMK Bisa Lolos SBMPTN
SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN adalah sesuatu yang harus dipikirkan oleh seluruh pihak, terutama bagi pihak terkait dalam dunia pendidikan SMK
SMK Perlu Strategi Bisa Lolos SBMPTN
Written by: admin
5 / 5 stars