Salah Pilih Sekolah Masa Depan Suram

Salah Pilih Sekolah Masa Depan SuramSalah Pilih Sekolah Masa Depan Suram adalah pemikiran mereka yang menganggap sekolah sebagai tempat belajar dalam meraih masa depan. Anggapan umum yang tidak bisa disalahkan, bilamana sekolah dapat menentukan masa depan. Masa depan memang tidak pernah diketahui, tetapi bisa direncanakan. Nah, rencana tersebut termasuk sekolah. Lantas bagaimana kita yang sudah memilih SMK Negeri 1 Cariu sebagai sekolah pilihan?

Salah Pilih Sekolah Masa Depan Suram

Untuk siswa yang telah memilih SMKN 1 Cariu semoga benar-benar tidak salah pilih. Pertama adalah salah pililh masuk SMK dan kedua adalah salah pilih bidang keahlian. Coba sejenak merenung dan berpikir, serta bertanya. Apakah pilihan sekolah kejuruan sudah cocok untuk diri saya? Apakah bidang keahlian yang saya pilih cocok untuk saya? Ok. Tidak perlu dijawab, antara cocok atau tidak cocok. Semua sudah terjadi dan sudah menjadi tempat belajar hingga selesai nanti.

Sedikit ilustrasi mereka yang cocok masuk sekolah SMK dan pada akhirnya meraih sukses di masa depan. Karena SMK identik dengan sekolah ketrampilan, pada umumnya siswa yang masuk adalah:

  • Siswa yang memang kegemaran atau terampil pada suatu bidang ilmu sejak di sekolah dasar atau menengah pertama cocok masuk SMK. Misalkan mereak yang memiliki ketrampilan atau kegemaran bermusik, memasak, bongkar pasang mesin dan lain sebagainya
  • Siswa gemar berkarya dengan ketrampilannya sebelum masuk SMK
  • Siswa memiliki kreatifitas dan tidak malas sebelum masuk SMK
  • Siswa memiliki terbiasa bekerja sama secara kelompok. Ini penting, karena kerja sama tim sangat diperlukan pada saat belajar praktek di SMK
  • Siswa terbiasa serius dalam belajar  dan bukan masuk SMK supaya dibilang sekedar jago atau hebat

5 ilustrasi diatas mungkin cukup dalam melihat kecocokan pada sekolah yang dipilihnya, khususnya siswa yang telah memilih SMKN 1 Cariu. Siswa yang memiliki 5 kriteria diatas dipastikan berprestasi di SMK Negeri 1 Cariu. Bagaimana bila kelima ilustrasi diatas tidak dimiliki oleh siswa yang telah memilih SMKN 1 Cariu? Apakah masuk dalam Salah Pilih Sekolah Masa Depan Suram?

Salah Pilih Sekolah Masa Depan Suram

Semua kembali kepada siswa masing-masing, mungkin orang tua atau wali pun memiliki peran dan tanggung jawab untuk pilihan pada SMKN 1 Cariu. Untuk siswa yang tidak memiliki kelima ilustrasi diatas bukan berarti salah fatal, masih bisa diperbaiki. Pada dasarkan “YANG TIDAK BISA MENJADI BISA, ITU KARENA BELAJAR!” Belajarlah untuk menyukai pilihan, belajar lah untuk kreatif, belajar lah berkarya ketika di SMK Negeri 1 Cari. Pokoknya setelah masuk SMKN 1 Cariu merasa, bahwa ini adalah pilihanku dan ini jiwaku. Dijamin siswa yang demikian akan rajin, tekun dan bersemangat ketika belajar di SMKN 1 Cariu.

Bukan sebaliknya hanya merasa hebat masuk di sekolah kejuruan dengan pakaian kerja, pegang obeng, nongkrong kanan kiri. Ini baru masa depan suram, hanya dapat Ijazah ketika keluar nanti, bukannya ilmu dan ketrampilan yang bermanfaat. Siswa model begini yang masuk pada kategori Salah Pilih Sekolah Masa Depan Suram. Dan ada satu hal yang fatal barangkali, bila memilih SMK Negeri 1 Cariu supaya dibilang PREMAN.

Mari kita lupakan pemikiran, bahwa telah salah pilih. Lupakan salah pilih sekolah dan lupakan telah salah pilih jurusan. Mulai lah untuk menyukai dan mencintai pilihan yang telah diambil, karena semua akan menjadi baik pada kahirnya. Belajar lah dengan giat, hormati orang tua dan guru serta tingkatkan kreatifitas selama di SMKN 1 Cariu.

Tulisan ini sekedar mengingatkan adik-adik yang telah memilih dan mulai belajar di SMK Negeri 1 Cariu. Tidak kata terlambat untuk belajar menjadi bisa, karena pada dasarnya mereka yang masih baca buku itu adalah masuk pada kategori ORANG YANG TIDAK TAHU. Untuk jadi tahu makanya mereka MEMBACA BUKU. Satu lagi sebelum mengakhiri tulisan ini, apakah kita sudah pandai? Bila merasa sudah pandai, jangan lah sekolah atau baca buku lagi. Orang yang merasa PANDAI atau PINTAR adalah ORANG BODOH. Sebaliknya, orang yang merasa bodoh akan terus belajar, kemudian banyak membaca buku itulah yang disebut ORANG PANDAI atau PINTAR. Mau masuk kategari mana? Merasa pandai yang ternyata BODOH atau merasa bodoh yang terus belajar agar PANDAI itu baru PANDAI? Silahkan pilih, semoga bermanfaat. Salam SMK Bisa!!